Manfaat Lari Untuk Kesehatan

Manfaat Lari Untuk Kesehatan www.wisatagununggenter.com

Sebagai latihan aerobik sedang hingga berat, lari menawarkan banyak manfaat kesehatan fisiologis, psikologis, dan kardiovaskular. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jogging, Anda harus berlari cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung. Berikut beberapa manfaat lari untuk kesehatan.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan

1.Menyehatkan Jantung

Berlari adalah latihan kardio yang bagus sehingga arteri tetap lentur sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Latihan kardiovaskular juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL), tetapi meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membantu menurunkan berat bedan

Berlari membantu menurunkan dan menjaga berat badan ideal dengan membakar lemak lebih cepat. Lari secara rutin juga membuat tubuh mampu membakar kalori, bahkan setelah berlari. Untuk mendapatkan manfaat, Anda sebenarnya cukup berlari dalam intensitas rendah.

3. Memperkuat otot & tulang

Berlari dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot, terutama otot-otot kaki. Otot kaki juga akan semakin fleksibel karena terus-menerus menggunakan untuk melangkah. Tulang yang mendapat tekanan selama berlari akan merangsang pertumbuhan sel-sel tulang baru yang bisa menurunkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis pada usia lanjut. Lari adalah olahraga menahan beban.

4. Mengatasi stres

Stres kerap muncul akibat masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, seperti pekerjaan, keluarga, dan masalah lainnya. Olahraga lari bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang mengalami stres. Rutin melakukan olahraga lari dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan berdampak baik pada kualitas hidup. Ketika berolahraga lari, manfaat yang didapatkan bisa menurunkan risiko depresi dan mampu membuat mood atau suasana hati menjadi baik.

5. Membantu mencegah penyakit kronis

Berlari dapat mengurangi risiko Anda terserang stroke. Lari bukanlah obat mujarah yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, aktivitas fisik yang Anda lakukan secara rutin ini bisa membantu mencegah berbagai risiko penyakit kronis.

6. Mencegah osteoporosis

Olahraga lari diketahui dapat mencegah berkurangnya kepadatan tulang. Sehingga tulang pun menjadi lebih kuat dan menurunkan risiko terkena osteoporosis.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *