Makanan Khas Gunung Kidul yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Makanan Khas Gunung Kidul yang Terkenal & Wajib Anda Coba www.wisatagununggenter.com

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Gunungkidul juga memiliki makanan khas yang sangat lezat. Baik dari segi rasa, bentuk, dan keunikan hidangannya. Penasaran dengan rasa uniknya berikut beberapa ulasan lengkapnya.

Makanan Khas Gunung Kidul yang Terkenal & Wajib Anda Coba 1 www.wisatagunungkidul.com

Daftar Makanan Khas Gunungkidul

1. Tiwul

Makanan khas satu ini sudah menjadi makanan yang wajib Anda coba ketika berwisata atau berkunjung ke Gunungkidul. Saat ini sudah banyak variasi tiwul yang bisa Anda coba  salah satunya tiwul manis. Tiwul ini hanya campuran singkong, kelapa, gula, dan garam kemudian bisa diberi tambahan cokelat, pandan, gula jawa, kopi, hingga keju.

2. Nasi Tiwul

Gunungkidul menjadi daerah yang memiliki hasil singkong yang sangat melimpah. Sehingga wajar jika beberapa makanan khasnya merupakan olahan dari singkong. Seperti halnya nasi tiwul yang dibuat dari gaplek atau singkong yang telah dikeringkan. Tiwul sendiri bagi masyarakat daerah ini merupakan panganan pokok di era 1960 hingga 1970-an. Proses pengolahan nasi tiwul ini tidaklah sulit, dimana singkong yang sudah dikeringkan menjadi gaplek kemudian dihaluskan. Menghaluskan gaplek ini juga sudah menggunakan mesin khusus sehingga menjadi butiran tepung yang halus. Setelah itu diolah menjadi tiwul dengan ditambahkan air hangat.

3. Belalang / Walang Goreng

Walang goreng juga menjadi salah satu makanan khas Gunungkidul. Walaupun terbilang ekstrim, karena yang dimasak adalah belalang. Namun panganan ini terbilang populer dan membuat banyak orang penasaran. Perlu Anda ketahui bahwa walang goreng memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

4. Gatot

Panganan khas Gunungkidul yang bisa Anda coba berikutnya yaitu gatot. Gatot adalah panganan yang terkenal dan wajib Anda coba. Bahan dasar yang digunakan mirip dengan tiwul yakni gaplek.

5. Pathilo

Pathilo merupakan inovasi dari olahan singkong. Biasanya terbuat dari pati singkong. Beberapa orang sering menyebutnya dengan rengginang. Makanan ini memiliki rasa gurih dengan tekstur renyah sehingga membuat ketagihan akan rasanya.

6. Bakmi Jawa

Gunungkidul memiliki olahan bakmi jawa yang nikmat. Ada banyak menu makanan yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti bakmi goreng hingga bakmi godhog. Anda dapat mencicipinya ketika berwisata ke daerah Gunungkidul.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *