Larangan yang Tidak Boleh Dilakukan saat Mendaki Gunung

Larangan yang Tidak Boleh Dilakukan saat Mendaki Gunung www.wisatagununggenter.com

Mendaki gunung menjadi alternatif olahraga yang digandrungi oleh anak muda karena selain menantang mendaki gunung memiliki pesonanya sendiri dimana pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah dan tak terlupakan. Untuk itu wajar bila orang-orang berlatih untuk mendaki gunung. Tentunya terdapat aturan dan larangan tersendiri yang diwajibkan kepada para pendaki untuk mematuhi. Berikut beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pendaki saat naik gunung :

1.Tidak mengikut jalur pendakian

Jalur pendakian biasanya sudah disediakan untuk para pendaki yang bersedia mengikuti acara mendaki gunung. Untuk itu saat berjalan mendaki ada baiknya kamu tetap lurus mengikuti jalur yang sudah disediakan. Jangan tergoda untuk membuat jalur tersendiri karena terdapat resiko tersesat yang malah bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

2. Memetik tanaman liar sembangan

Akan ada banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang kamu temukan di perjalanan. Penampilan yang elok tak jarang mencuri perhatian karena ingin memilikinya dengan segera. Namun tahanlah keinginanmu untuk tidak langsung bergerak mengambil bunga atau tumbuhan liar yang menarik.

3. Tidak menjaga kebersihan lingkungan

Sebagai seorang pendaki gunung hal yang tidak pantas dilakukan ketika sedang mendaki adalah tidak menjaga kebersihan di daerah yang sedang dilewati. Membuang sampah sembarangan adalah tindakan tidak terpuji.

Menjaga kebersihan lingungan pegunungan dapat kamu lakukan dari hal kecil dengan mematuhi rambu-rambu dan aturan kebersihan yang dibuat. Jangan melanggar apalagi memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang sudah dilarang. Dengan bagitu perjalanan akan terasa nyaman dan aman.

4. Tidak Mengganggu Habitat Satwa dan Flora di Gunung

Larangan saat mendaki selanjutnya yaitu tidak mengganggu habitat alami satwa dan flora di gunung. Sebab tujuan pendaki mendaki adalah untuk menjelajahi habitat alami dan menikmati indahnya pemandangan alam, sehingga dilarang keras untuk merusaknya dengan cara apapun.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *