5 Larangan Ketika Mendaki Gunung yang Harus Dipatuhi

5 Larangan Ketika Mendaki Gunung yang Harus Dipatuhi www.wisatagununggenter.com

Kegiatan mendaki gunung kini menjadi aktivitas yang digemari oleh banyak orang. Terutama bagi anak muda yang menyukai tantagan. Namun, ada larangan ketika mendaki gunung yang harus dipatuhi untuk keamanan dan keselamatan bersama. Diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup serta peralatan yang sesuai untuk mendaki. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui aturan dan larangan yang ada di gunung dan mematuhinya.

5 Larangan Ketika Mendaki Gunung yang Harus Dipatuhi

1.Dilarang buang sampah sembarangan

Hal ini tentu tidak hanya berlaku saat mendaki gunung, tapi di semua tempat. Jadi pastikan bagi kamu yang hobi buang sampang sembarangan untuk tidak melakukannya di gunung maupun area lain saat mendaki. Jika ada sampah, bisa disimpan terlebih dahulu di dalam tas sampai menemukan tempat pembuangan sampah.

2. Dilarang mengambil apapun

Ketika berada di gunung, pastikan untuk tidak mengambil apapun yang berada di gunung kecuali mengambil foto. Terutama memetik bunga edelweis. Memetik bunga edelweis sembarangan merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

3. Jangan beristirahat terlalu lama

Jika merasa lelah saat mendaki, tentu diperbolehkan untuk beristirahat. Namun jangan beristirahat dengan durasi yang terlalu lama terutama di malam hari. Hal ini akan membuat suhu tubuh turun dan akan sulit untuk kembali stabil. Jadi istirahatlah secukupnya saja.

4. Jangan mengabaikan himbauan dari petugas

Ketika mendaki gunung, akan ada himbauan dari petugas berwenang demi keamanan dan keselamatan pendaki. Jangan mengabaikan himbauan tersebut dan tetap mematuhi aturan yang berlaku.

5. Jangan memotong jalur pendakian

Ikutilah jalan atau rute yang tersedia ketika melakukan pendakian. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya salah arah atau tersesat. Jadi jangan mendaki dengan rute semaumu dan memotong jalur yang sudah disediakan. Karena bisa jadi rute baru tersebut lebih berbahaya.

6. Jangan Terpisah dari Rombongan

Jika mendaki bersama rombongan, maka pastikan kamu tetap bersama. Jangan sampai terpisah dan tersesat. Pastikan juga jarak antar orang dalam rombongan tidak terlalu jauh untuk mempermudah pengecekan. Itulah larangan ketika mendaki gunung yang harus dipatuhi oleh setiap pendaki. Hal ini tentu untuk keselamatan dan keamanan bersama. Jadi, jangan lupa untuk mematuhi aturan tersebut ketika mendaki gunung.

Dilansir dari :

Kumparan.com

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *