Jenis Latihan yang Penting Dilakukan Sebelum Naik Gunung

Jenis Latihan yang Penting Dilakukan Sebelum Naik Gunung www.wisatagununggenter.com

Mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang mencakup berjalan di hutan dengan membawa beban dengan kisaran 18 kg. Beberapa efek yang akan dirasakan ketika mendaki gunung di antaranya adalah nyeri punggung, otot paha bergetar, dan paru-paru seperti terbakar. Menyiapkan kondisi fisik sebelum naik gunung, tentu saja sangat diperlukan bagi Anda yang ingin mendaki. Berikut beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan sebelum naik gunung.

1.Jogging Setiap Pagi atau Sore Hari

Jogging adalah olahraga standar dan paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan diri sebelum mendaki. Dengan jogging, Anda dapat memperkuat otot-otot kaki sehingga nanti saat mendaki kaki tidak akan mudah merasa lelah.

2. Latihan Naik dan Turun Tangga

Bukan hanya otot kaki dan stamina yang perlu dikuatkan, tapi juga kemantapan kaki untuk menapak pada jalanan berpasir, batu maupun tanah. Untuk melatih kemantapan kaki, Anda dapat berlatih naik – turun tangga secara rutin setelah jogging (atau bersepeda). Lakukanlah latihan naik-turun tangga selama 10 menit setiap harinya.

3. Squat Jumps Setiap Hari Melatih Otot Paha Agar Kuat

Kekuatan otot paha ketika mendaki gunung juga bisa dilatih dengan melakukan squat jumps. Anda bisa melakukan lompatan selama 5 x 30 detik setiap harinya setelah jogging. Setiap menyelesaikan 1 set squat jumps, kamu bisa beristirahat selama 10 detik untuk mengatur napas, sebelum melanjuttkannya kembali.

4. Pusp Up untuk Melatih Kekuatan Tangan

Jalur pendakian di gunung tidak selalu datar, adakalanya jalannya akan miring atau menanjak. Untuk menyeimbangkan diri, membantu merangkak atau memanjat saat di medan yang terjal, Anda perlu melatih kekuatan tangan. Alternatif latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih kekuatan tangan adalah dengan pusp up secara rutin setiap hari. Tidak perlu banyak, minimal cukup 10 kali saja.

5. Berenang atau Senam untuk Melatih Pernapasan

Gerakan senam yang enerjik ternyata bisa melatih pernapasan. Sehingga berguna sekali untuk Anda yang mau mendaki. Anda bisa melakukan senam setiap 3 hari sekali, agar pernapasanmu lebih teratur. Selain senam, Anda juga bisa berenang untuk melatih pernapasan. Berenang lah secara rutin 2 kali dalam seminggu.

6. Olahraga Setiap Pukul 4 Pagi, Setiap 3 Hari Sekali untuk Adaptasi dengan Udara Dingin

Karena mendaki tidak selalu dilakukan saat ada matahari, ada baiknya Anda membiasakan diri melakukan olahraga setiap pukul 4 pagi setiap harinya. Ini bertujuan agar tubuhmu beradaptasi dengan udara dingin pegunungan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *