5 Rekomendasi Makanan yang Dapat Dibawa Ketika Naik Gunung

5 Rekomendasi Makanan yang Dapat Dibawa Ketika Naik Gunung 2 www.wisatagununggenter.com

Salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan baik adalah makanan untuk pendakian. Logistik yang Anda perlukan akan dibawa dalam ransel atau carrier selama pendakian sehingga Anda perlu bahan makanan yang praktis, mudah dibawa, tidak memakan tempat, serta memiliki berat yang ringan, namun tetap bergizi dan berkalori tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi atau mengganti tenaga yang terkuras selama pendakian.

Tidak sedikit kasus pendaki pemula yang mengalami hipotermia di gunung dikarenakan pakaian basah yang dikombinasikan dengan kelelahan yang dipicu kurang energi. Sehingga suhu tubuh menurun dengan cepat. Karena itu, berikut tips dan pilihan menu makanan bagi pendaki gunung.

1.Roti tawar

Roti tawar jadi salah satu pilihan menu yang mudah dan baik selama pendakian. Akan lebih mudah jika Anda membawa roti tawar yang sudah dioleskan selai sehingga Anda tidak perlu membawa selai dalam kemasan terpisah. Dianjurkan membawa roti dengan selai kacang, karena kacang memiliki kandungan protein yang dapat menjaga kekuatan otot selama pendakian.

2. Abon

Selama pendakian Anda memiliki sumber protein yang terbatas. Karena itu abon menjadi pilihan termudah sebagai salah satu penambah protein, lemak, dan karbohidrat. Abon adalah makanan yang terbuat dari daging hewan. Kemasannya praktis, ringan, tidak perlu dimasak, dan memiliki rasa yang lezat.

3. Coklat

5 Rekomendasi Makanan yang Dapat Dibawa Ketika Naik Gunung www.wisatagununggenter.com

 

Makanan ini mengandung kalori tinggi, cocok untuk makanan pendaki. Coklat juga dapat membuat kenyang lebih lama serta membuat tubuh dan pikiran santai. Kemasannya kecil dan praktis sehingga dapat Anda masukkan ke dalam saku dan dijadikan cemilan selama perjalanan.

4. Air Mineral

Bawalah air mineral yang cukup selama perjalanan, pastikan sumber air agar mudah mengisi ulang botol air minum. Sekitar 60-70% tubuh manusia adalah air. Maka pastikan Anda memiliki persediaan air yang cukup selama perjalanan untuk menghindari dehidrasi. Sebelum mendaki gunung, sebaiknya carilah informasi mengenai sumber air di gunung tersebut agar kamu dapat menentukan jumlah air yang perlu Anda bawa.

5. Madu

Madu sangat umum dijadikan sumber energi karena memiliki sumber energi 63 kalori per sendok makan, madu bisa Anda gunakan sebagai penambah rasa makanan dan minuman yang Anda bawa atau diseduh dengan air panas. Selain itu madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antibiotik alami dan menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *