Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Olahraga

Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Olahraga www.wisatagununggenter.com

Mengetahui manfaat pemanasan sebelum olahraga dapat membantu seserorang untuk mengurangi risiko mengalami cedera saat berolahraga. Selain mengurangi risiko cedera, pemanasan sebelum berolahraga yang dilakukan merupakan proses adaptasi bagi otot agar tidak kram dan tegang saat harus menanggung tekanan yang lebih besar. Oleh karena itu, baik muda atau dewasa sebaiknya Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum beraktivitas olahraga agar otot dapat menyesuaikan tekanan dan terhindar dari risiko cedera. Berikut manfaat pemanasan yang dapat Anda ketahui.

1.Mencegah Terjadinya Cedera

Salah satu anggota tubuh yang memiliki peran penting dalam melakukan aktivitas olahraga adalah otot. Apabila Anda melakukan latihan fisik yang cukup berat secara tiba-tiba, otot akan terkejut dan berisiko membuatnya jadi cedera. Karena itulah, alasan mengapa kita perlu pemanasan sebelum olahraga inti pada dasarnya adalah untuk membuat tubuh siap dalam melakukan aktivitas fisik yang lebih intens dari biasanya. Sehingga, risiko terjadinya cedera saat olahraga ini bisa terminimalisir.

2. Menjaga ketsabilan detak jantung

Pemanasan juga bertujuan meningkatkan sistem jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) secara bertahap sebelum melakukan latihan. Detak jantung yang meningkat tiba-tiba saat berolahraga tanpa pemanasan, mungkin akan mengakibatkan risiko.

3. Meningkatkan performa olahraga

Gerakan pemanasan sebelum olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot sehingga membuatnya jadi lebih fleksibel. Peningkatan aliran darah sekaligus membawa lebih banyak persediaan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini juga akan meningkatkan energi otot serta memperluas refleks dan jangkauan geraknya.

4. Memelihara kesehatan tulang dan persendian

Pemanasan akan membantu tubuh Anda memberikan cairan pelumas lebih banyak pada persendian sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel. Olahraga yang menempatkan banyak tekanan pada lutut, seperti berlari wajib melakukan pemanasan sebelumnya. Meregangkan dan memanjangkan piringan-piringan tulang belakang saat melakukan pemanasan sebelum berolahraga juga efektif mencegah risiko cedera punggung yang serius.

5. Menambah performa tubuh

Manfaat pemanasan sebelum olahraga bagi tubuh yang terakhir yaitu dapat menambah performa tubuh. Di mana, kondisi ini membuat apa pun olahraga yyang dijalani dapat memberikan dampak kesehatan bagi tubuh secara maksimal dari sisi kardio dan kekuatan yang diperolah.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *